Transmisi manual
adalah sistem transmisi otomotif yang memerlukan pengemudi sendiri untuk
menekan/menarik seperti pada sepeda motor atau menginjak kopling seperti pada
mobil dan menukar gigi percepatan secara manual. Gigi percepatan dirangkai di
dalam kotak gigi/gerbox untuk beberapa kecepatan, biasanya berkisar antara 3
gigi percepatan maju sampai dengan 6 gigi percepatan maju ditambah dengan 1
gigi mundur (R).
Gigi percepatan yang
digunakan tergantung kepada kecepatan kendaraan pada kecepatan rendah atau
menanjak digunakan gigi percepatan 1 dan seterusnya kalau kecepatan semakin
tinggi, demikian pula sebaliknya kalau mengurangi kecepatan gigi percepatan
diturunkan, pengereman dapat dibantu dengan penurunan gigi percepatan.
Cara Kerja Transmisi Manual Mobil
Cara kerja transmisi
manual 5 kecepatan.
Posisi Netral (N).
Saat posisi netral tenaga dari mesin tidak diteruskan ke poros out put,
karena sincromesh dalam keadaan bebas atau tidak terhubung dengan roda
gigi tingkat.
Posisi 1. Jika
tuas ditarik ke belakang maka gear selection fork akan menghubungkan
unit sincromesh untuk berkaitan dengan gigi tingkat 1. Posisi 1 akan
menghasilkan putaran yang lambat tetapi momen pada poros out put besar.
Posisi 2. Tuas
didorong ke depan menggerakkan gear selector fork sehingga unit sincromesh
berhubungan dengan roda gigi tingkat no 2. Posisi 2 putaran poros out put lebih
cepat dibanding pada posisi 1.
Posisi 3. Jika tuas
ditarik ke belakang maka gear selection fork akan menghubungkan unit sincromesh
untuk berkaitan dengan gigi tingkat 3. Posisi 3 akan menghasilkan putaran yang
cepat dibanding posisi 2.
Posisi 4. Tuas
didorong ke depan menggerakkan gear selector fork sehingga unit sincromesh
berhubungan dengan roda gigi tingkat no 4. Posisi 4 putaran poros out put lebih
cepat dibanding pada posisi 3.
Posisi 5. Tuas
ditarik ke belakang menggerakkan gear selection fork sehingga unit sincromesh
berhubungan dengan roda no 5. Transmisi pada posisi gigi lima kecepatanya
paling tinggi tetapi momen yang dihasilkan pada poros out put paling kecil.
Posisi R. Tuas
didorong ke depan menggerakkan gear selection fork sehingga unit sincromesh
berhubungan dengan roda gigi R. Antara roda gigi R dan roda gigi pembanding
dipasangkan roda gigi idel (idler gear) yang menyebabkan putaran poros
input berlawanan arah dengan poros out put.